Kreatif, Seniman Asal Nigeria Ubah Makanan Menjadi Karya Seni

Selasa, 24 September 2019 - 14:31 WIB
Kreatif, Seniman Asal Nigeria Ubah Makanan Menjadi Karya Seni
Kreatif, Seniman Asal Nigeria Ubah Makanan Menjadi Karya Seni
A A A
JAKARTA - Kebanyakan orang tentu akan membuang sisa makanan. Tapi, berbeda dengan Haneefah Adam. Seniman kelahiran Nigeria ini memanfaatkan makanan sisa menjadi sebuah karya seni yang luar biasa.

Nama Adam populer setelah dia berhasil menyajikan makanan dengan cara-cara yang unik dan kreatif. Hasilnya, perempuan berusia 28 tahun ini mengabadikan hasil karyanya itu lewat bidikan kamera.

"Saya selalu artistic. Saya tumbuh dewasa, ibuku berkata aku punya bakat untuk seni,” kata Adam seperti dikutip CNN.
Kreatif, Seniman Asal Nigeria Ubah Makanan Menjadi Karya Seni

Adam pertama kali membuat barbie menjadi Hijarbie, boneka muslim yang mengenakan hijab pada 2015. Hasil karyanya itu menyita perhatian masyarakat. Dia pun terus berkreasi. Sekarang ini, Adam membangun karier dengan menggabungkan makanan menjadi sebuah seni.

"Saya melakukan potret rutin, saya menjahit dan melukis, tetapi yang paling membuat saya bergairah adalah makanan," tutur dia.

Apa yang dilakukannya itu terinspirasi dari hal-hal yang tak terduga, seperti pengalaman hidup dan budaya. Dia melihat segala sesuatu disekitarnya sebagai sesuatu yang dapat dibuat menjadi seni. (Baca juga: Tinggalkan Korea, Song Hye Kyo Ambil Kursus Seni di New York ).

Pada 2016, Adam memenangkan pameran #TechMeetsArtNG, kompetisi ini adalah pameran kuliner yang bertujuan untuk mengeksplorasi presentasi artistik dari beberapa makanan lokal di Nigeria.

"Sebelum kompetisi, karya seni saya kebanyakan acak dan saya hanya mendokumentasikan makanan di media sosial. Tetapi setelah menang, saya mulai berpikir untuk aktif mencari nafkah dari seni makanan,” jelas Adam.
Kreatif, Seniman Asal Nigeria Ubah Makanan Menjadi Karya Seni

Setelah memenangkan kompetisi, Adam memulai kariernya itu dan menjadikan waktunya untuk berkarya hingga sekarang, menciptakan seni untuk merek makanan seperti Maggi dan Dangote Salt.

Dalam beberapa tahun ke depan, Adam berharap dirinya bisa lebih berkembang dan karyanya bisa hadir di kancah seni di Afrika, termasuk Lagos, pusat komersial Nigeria.

"Saya ingin ikut serta lebih banyak lagi dalam pameran. Saat ini saya tinggal di Kwara, Nigeria Utara. Sulit untuk membuat tanda kancah seni didalam negara ini," ujarnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3800 seconds (0.1#10.140)